Tradisi Tahlil dan Do’a Bersama, Pemdes dan Warga Lambangan Menyambut Bulan Puasa
Komentar

Tradisi Tahlil dan Do’a Bersama, Pemdes dan Warga Lambangan Menyambut Bulan Puasa

Komentar

Terkini.id Sidoarjo – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Pemerintah Desa (Pemdes) Lambangan Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, mengajak warganya melakukan tahlil dan do’a bersama di depan makam Islam desa.

Tradisi kegiatan tahlil dan do’a bersama tersebut sudah dilakukan setiap tahun dan sudah berjalan sekitar 5 tahunan. Tujuannya tak lain yakni mendo’kan arwah leluhur dan juga keluarga yang sudah meninggal dunia.

Kepala Desa Lambangan, Mulyanto, S.H mengatakan, kegiatan membaca tahlil dan do’a menyambut Ramadhan ini kami lakukan setiap tahun. Pasalnya ini merupakan bentuk rangkaian ibadah umat Muslim mengirimkan do’a kepada leluhur, keluarga maupun orang tua yang sudah tiada.

“Inisiasi Pemdes Lambangan mengajak warga melakukan kegiatan tersebut sudah berjalan hampir 5 tahun. Dan kami lakukan di depan makam Islam desa.”, papar Cak Mul, sapaan akrab Kades Lambangan disela acara, Jumat 1 April 2022.

Masih kata Cak Mul, menurutnya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan ini, juga bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Baca Juga

Dalam gelaran acara tersebut, terlihat antusiasme warga masyarakat Desa Lambangan mengikutinya dengan begitu khusyuk dan serius.

Selain itu, dilokasi terlihat warga yang saat datang juga melakukan ziarah kubur dengan menyapu sekitar makam keluarganya.