Banjir Desa Pesawahan Sidoarjo, Pemicunya Afvour Kali Yang Dangkal
Komentar

Banjir Desa Pesawahan Sidoarjo, Pemicunya Afvour Kali Yang Dangkal

Komentar

Terkini.id, Sidoarjo – Dampak dangkalnya Afvour Kali Kedungan saat ini menjadi perhatian Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Pasalnya sungai yang semestinya sebagai penyuplai area sawah untuk menampung air saat musim hujan, kondisinya mengalami pendangkalan.

Sementara, banjir pun kerap terjadi setiap tahun di Desa Pesawahan Kecamatan Porong Sidoarjo ini. Sehingga Gus Muhdlor (sapaan Bupati) blusukan menyusuri Afvour kali Kedungan. 

Sungai atau Kali Kedungan merupakan kali utama yang mengaliri Sawah dua desa, yakni desa Kedensari Kecamatan Tanggulangin dan desa Pesawahan Kecamatan Porong.

Oleh karena itu, Bupati Sidoarjo meminta agar segera dilakukan normalisasi kali Kedungan yang dangkal dan menghidupkan lagi kali yang lama mati.

“Penyebab banjir di Desa Pesawahan ini, karena Afvour kali Kedungan yang melewati area persawahan dua desa, yaitu desa Kedensari dan desa Pesawahan sudah lama tidak dilakukan normalisasi. Kondisinya sudah dangkal,” ungkap Gus Muhdlor, saat berada dilokasi pada Jumat 11 Juni 2021 sore.

Banjir Desa Pesawahan Sidoarjo, Pemicunya Afvour Kali Yang Dangkal
Gus Muhdlor, Bupati Sidoarjo Saat Dibonceng Kearah Persawahan
Baca Juga

Diwaktu sama, Kepala Desa Pesawahan Pranoto, menyampaikan bahwa dangkalnya sungai afvour kali Kedungan yang menjadi penyebab banjir di desanya. Setiap tahun puluhan rumah warga terendam banjir. 

“Saat musim hujan, area persawahan juga terlihat seperti tambak, ini karena kali Kedungan dangkal,” terangnya.

“Termasuk kali – kali kecil yang dulunya mengalir kini banyak yang sudah mati atau buntu,” pungkasnyanya.