Dorong BPN Segera Lakukan Percepatan Sertifikasi Tanah Aset Pemkab Sidoarjo

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono Ketika Dikantor BPN Sidoarjo
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono Ketika Dikantor BPN Sidoarjo

Terkini.id, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saat ini sedang gelisah. Pasalnya sebanyak ribuan aset tanah yang dimilikinya belum juga tersertifikasi.

Sementara, target dari Kanwil Badan Pertanahan Negara (BPN), seluruh aset milik pemkot maupun pemkab telah tersertifikasi di tahun 2023. 

“Hingga saat ini sekitar 1900 aset Pemkab Sidoarjo belum juga tersertifikasi”, ungkap Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono, ketika dikantor BPN, Senin 15 Februari 2021.

Menurut Hudiyono, diantara jumlah tanah yang belum tersertifikasi tersebut yakni tanah kantor, tanah sekolah, dan tanah jalan.

Disamping itu dalam mempercepat upaya sertifikasi aset tanah pemkab tersebut, pihaknya menjalin koordinasi bersama BPN dan menargetkan bisa mensertifikasikan pertahun sekitar 600 sertifikat.

“Kami akan mensupport yang dibutuhkan BPN Sidoarjo, untuk percepatan sertifikasi tanah aset pemkab ini,” tutur Hudiyono.

Sedangkan bentuk support yang akan didukung pemkab yakni mulai dari pendanaan, proses pendataan, peralatan ukur, hingga komputerisasi. 

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan SDM sebagai pengawas pertanahan di tingkat kecamatan, termasuk SDM pelatihnya.

Kantor BPN Sidoarjo

Diwaktu yang sama, Kepala BPN Sidoarjo Humaidi, mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemkab segera bentuk tim terpadu untuk menginterivikasi letak dan luas tanah tersebut.

Menyinggung masalah anggaran, Humaidi mengingatkan Pemkab Sidoarjo agar segera menganggarkan biaya untuk sertifikasi aset tanahnya.

Ditegaskan Humaidi, di tahun 2023
aset tanah Pemkab Sidoarjo bila tidak ada kendala dalam penanganannya seluruhnya akan tersertifikasi

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Satpol-PP Lakukan Razia Prokes, Pekat, dan RHU Selama Ramadhan Secara Rutin Di Sidoarjo

Menu Khas Ramadhan Ala Mesir, Luminor Hotel Sidoarjo Tempatnya

APEKSI Dukung Program BPJAMSOSTEK Tentang Perlindungan Pekerja Rentan Dan Non ASN

Presiden RI Jokowi Perintahkan Elemen Pemerintahan Dukung BPJAMSOSTEK

Utamakan Kenyamanan Dan Keselamatan Tamu, Karyawan Luminor Hotel Di Vaksin

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar